Senin, 20 Januari 2014

Metro TV on Campus (Part 2)

Sesampainya di Auditorium UNS, waktu telah menunjukkan pukul 09.00 WIB..perkiraan saya diawal, jam 9 itu pintu auditorium UNS sudah mulai dibuka dan peserta akan menyerbu masuk..langsung saja saya tarik si tia (sepupu saya) untuk segera memasuki area antrian peserta yang mengular panjang. Kondisi di halaman auditorium penuh sesak. Antusiasme mahasiswa dan mahasiswi UNS untuk mengikuti acara ini terbilang tinggi. Di stand antrian, ada beberapa sponsor acara antara lain CIMB NIAGA, kopi torabika cappucino...dua sponsor itu yang paling menonjol, yang lainnya saya lupa. Kembali ke antrian...kami berdua (saya dan tia) bingung mau ngantri dimana, karena memang dibuka banyak lajur untuk antrian..akhirnya saya memberanikan diri bertanya ke salah satu peserta yang lagi ikut antri juga....namanya mba Yuni

Nida: Mbak, kalau mau ikut yang pelatihan jurnalistik, antrinya ikut lajur yang mana ya?
Yuni: mbaknya udah daftar belum kemarin? yang lewat email?
Nida: sudah tuh mba, tapi ga di confirm
Yuni: oh, itu berarti belum terdaftar resmi...sini mbak, bareng sama saya..ikut yang lajur ini...antrian yang buat tiket on the spot
Nida: oh gitu ya mbak? oke deh

Maka menagntrilah saya dan sepupu saya (si tia) di belakang mbak Yuni.. kemudian, pas mau masuk ke dalam antrian, ada yang menyapa saya "mbak"...sambil tersenyum...eh, ada manda...(yang ini  temen saya yang lain, kenal dalam sebuah acara komunitas namanya blusukan solo)...akhirnya kami ber empat mengantri depan belakang...pada saat engantri itulah, saya baru tahu, bahwa acara pelatihan jurnalistik sebenarnya dimulai pukul 13.30 atau selepas sholat Jum'at (pas itu pas hari jum'at)...hadeeehh...ngertio ngono mangkat rada awan...tapi ga papa lah, tetep positive thinking...dengan jeda waktu yang lumayan lama, saya pikir bisa sekalian istirahat buat cari makan, sholat, dan muter-muterin si Tia keliling kampus UNS (maklum yah, bawa anak SMA, jadi belum tau UNS banget)...begitu pikir saya...

Semakin siang, cuaca di halaman Auditorium UNS semakin panas menyengat...matahari berada di atas kepala pas..padahal baru jam 09.30 WIB. Saya, yang biasa bertapa di rumah dan jarang keluar siang-siang seketika merasa pusing, nggliyeng bahasa jawanya saking panasnya...akhirnya saya pun ga kuat dan mengeluarkan senjata andalan saya....jreng...jreng...payung...(sedia payung itu ga hanya pas hujan aja bro)


Payung pun saya buka, cuma payung lipat kecil sih, tapi manfaatnya wow..langsung teduh...karena tadi kita mengantri ber empat, ga mungkin dong saya payungan sendiri...tanpa ditawarin pun, semua teman teman dan sepupu saya merapat dengan sendirinya hahahha...mbak yuni dari tadi sudah sibuk pegang kipas sambil ngipas-ngipasi mukanya...si manda, sibuk ngelap keringat, si tia udah kaya cacing kepanasan.....akhirnya bisa sedikit teduh...tapi ya yang namanya payung lipat, buat ber empat, mana cukup sodara-sodara.....saya ppun akhirnya mengalah, dengan mojok di bawah tenda CIMB NIAGA biar ga gosong...sementara mba yuni, tia, dan manda berteduh dibawah payung saya dan setia mengantre..



Setelah menunggu antrean lumayan lama, giliran saya pun tiba juga.. peserta dipanggil dua-dua ...disuruh maju mendekati meja registrasi...

Mba Panitia : Sudah daftar mba?
Nida            : belum...saya on the spot
Panitia          : silahkan diisi buku ini mba, ditulis nama dan tanda tangan,...tapi maaf, seminar kit (snack, blocnote, sertifikat) kalian ga dapat, soalnya tidak terdaftar
Nida            : ooo...ga papa mba' (dalam hati berkata: orang tujuan ke sini bukan untuk cari sertifikat yeee)
Panitia          : ......(menempelkan cap di punggung tangan saya, tulisannya 13 Desember 2013)
Nida            : pintu audit dibuka jam berapa ya?
Panitia         : oh, habis jum'atan mba
Nida           : oke...makasih


Selesai sudah antrian kita untuk acara pelatihan jurnalistik...tapi kami berempat masih melirik-lirik stand antrian mata najwa..dengan bahasa tatapan mata saja, saya langsung mengerti bahwa teman-teman dan tia sepupu saya juga ingin mengantre untuk stand mata najwa hahahha...mumpung gratis bro... maka berlarilah kami berempat menuju stand antrian mata najwa dan berpanas-panas ria kembali....payung pun kembali dibuka dan digunakan...setelah lama menganntre di stand mata najwa, ceritanya, teman saya yang namanya manda setiawan ini salah antrian. Harusnya dia mengantre di lajur peserta terdaftar, bukan on the spot kaya kita bertiga (dalam kasus ini manda sudah mendaftar lewat email untuk acara mata najwa dan dapat konfirmasi, sementara kita bertiga tidak)...posisi antrian sudah semakin di depan, dan ternyata ada temen salah ngantree

Nida: ini antrian buat yang on the spot manda, kamu ngapain disini...cepetan pindah yang antrian buuat peserta terdaftar
Manda: sek, ta coba tanya dulu ke mbaknya yang di depan, siapa tau aku bisa dimasukin yang antrian peserta terdaftar, tanpa harus ganti lajur antrian...
Nida: oh, yo wes...sak karepmu


Tibalah kita di meja registrasi mata najwa..pertanyaan yang sama dilontarkan mba panitia di meja itu, sama persis seperti pertanyaan di meja registrasi pelatihan jurnalistik tadi

Panitia: sudah daftar mba?
Nida: belom
Panitia : on the  spot ya? ga dapat apa-apa lho...ga dapat kaos juga
Nida: --___--" iya mbak, udah tau

dan manda pun bertanya akan kasusnya:
Manda: mbak, saya itu gini bla...bla...bla....
Panitia: oh, ga bisa mas, antriannya ya harus sesuai dengan lajurnya...peserta terdaftar di lajur sana, dan disini buat peserta on the spot,...entrinya beda mas
Manda: Mjjj (mak jleb jleb jleb mungkin dalam hatinya hahahah...tiwas aku nganrte panas-panas, suwe meneh, kon mbaleni antri...hadeeeh)

akhirnya, karena kami bertiga (saya, tia, dan mba yuni) mempunyai kepentingan yang lain (mau jalan-jalan keliling kampus UNS dan cari makan), kami pun berpisah dengan manda...dia masih setia ngantre buat acara mata najwa...(lebih tepatnya mbaleni ngantree hahahaaa)

Kami bertiga akhirnya rundingan

Nida: piye iki...meh puter-puter UNS sek opo cari maem sek
Tia : aku luwe banget ki mbak (luwe=lapar)
Yuni: iyalah, cari makan dulu aja wes, aku haus, kepanasen, pengen golek sing seger-seger
Nida: oke...hayok...cari makan...tapi dimana? aku wes ga update,,...terakhir kuliah disini 3 tahun yang lalu
          ada ide?

Yuni & Tia : aku manut
Nida: hadeeeeehhh...guwe suruh mikir nih...mmmmm mana yah? tiba-tiba...cling...idepun muncul....sebuah tempat dahulu yang biasa saya datangi ketika sedang galau skripsi...sebuah warung kecil yang menjual bakmi ketoprak dan es jus...di dekat kuburan cina belakang kampus UNS....(semoga masih ada...kata saya dalam hati)

Nida: makan bakmi toprak dan es jus mau?
Tia & Yuni : mau, yok

......dan kita pun menuju parkiran motor, menyalakan mesin...berpacu dengan waktu dan kondisi yang sangat letih sekali (lebay)...tapi suerr..kondisinya habiss antree tadi tuh yaaa...mata berkunang-kunang, migrain, perut lapar, haus, muka kusem, udah deh deh pokoknya ga oke banget.....

Sesampainya di warung makan, ternyata menu bakmi toprak masih ada...pun demikian halnya dengan es jus. Tidak ada yang berubah dari warung kecil yang terletak di kampung ngoresan ini..warungnya masih tetep sama. Yang bmembedakan adalah menunya...semakin kompit...ada nasi goreng dan penyetan juga ternyata sekarang...kami bertiga pun duduk, memilih meja kemudian memesan  menu...namun tidak ada satupun yang memesan bakmi toprak...hahaha...mba yuni pesen nasi goreng, saya pesen nasi ayam & es teh, sementara di tia pesen apa ya? ayam juga kayaknya..dan es buah

Kami bertiga menikmati santap siang nan lezat itu sambil bercerita aktivitas  masing-masing...secara saya dan tia juga baru mengenal orang di depan kami ini ...mba yuni...kami membicarakan aktivitas--aktivitas di kampus...lebih tepatnya saya dan mba yuni yang  notabene lebih tua dari si tia, memberikan wejangan buat Tia...wejangan kehidupan kampus yang telah kami lalui...supaya si Tia dapat mengambil yang baik-baik dari kami dan membuang jauh yang tidak baik dari kami...dari obrolan makan siang itu diketahui ternyata mimpinya Tia itu kuliah di UI jurusannya masih bingung...antara akutansi dan komunikasi massa...tapi kalo melihat ke "kepo"an nya selama ini terhadap sesuatu/seseorang dan melihat aktivitasnya di sekolah sebagai wartawan sekolah untuk majalah sekolahnya, sudah kebaca banget kalo passionnya itu di jurnalistik...bukan akutansi..makanya saya pikir, saya ga salah ngajak orang nih datang bareng dia di acara kaya ginian...mba yuni pun memberikan masukan ke tia...dan wejangan...intinya jangan sampai kamu menyesali keputusan yg telah kamu ambil dalam hidup...semua pilihan  hidup itu ada konsekuensinya...dan kesempatan itu ga datang dua kali...begitu katanya...si Tia pun manggut manggut...

Kembali ke soal Tia...menurut saya, dengan umurnya yang masih belia (kelas 1 SMA), dan dia sudah mengetahui passionnya itu adalah kemajuan besar. Jarang-jarang ada anak usia segitu yang sudah paham kemana dia akan melangkah...passionnya apa, terus mau kuliah dimana....menengok pengalaman saya sendiri, pas kelas 1 SMA, saya belum apa-apa...passion juga belum nemu...baru mikir jurusan kuliah aja pas kelas 3 SMA...boro-boro kepikiran pas masih kelas 1....( acara makan siang pun selesai)

Kami bertiga kembali ke kampus,..dengan berboncengan motor...(saya boncengan sama Tia), dan mba yuni bawa sendiri...setiap melewati fakultas tertentu, mulut saya ikut menjelaskan ke Tia..ini lho fakultas ini...itu fakultas itu,dst...saya paham bener, sebagai orang solo, si Tia ini paling ga harus taulah kampus di solo kaya apa...walaupun nantinya pilihan dia kuliah di UI, setidaknya dia pernah tau auditorium UNS dan masjid kampus hahaha.....setelah puas berkeliling kampus, kita bertiga berhenti sebentar...rundingan lagi....

Nida: mau sholat dimana nih? NH pie? yang tempatnya gede
Yuni & Tia : Manut

meluncurlah kita ke NH (NH itu masjid kampus UNS, kepanjangannya Nurul Huda...) masjidnya sekarang besar, luas, dan elegan...masjid kampus-kampus yang lain (saya cuma bisa mbandingin sama kampus-kampus di jogja seperti UGM dan UIN)....lewaaaaaattt kalau dibandingkan sama NH...bagus NH pake banget banget banget....sesampainya di parkiran NH...lhoh..lhoh...ini hari jum'at ding ya? kata saya

Yuni: iya mba, kayaknya masih dipake Jum'atan...banyak cowoknya
Nida: njuk piye? sholat dimana kita?
Yuni &Tia : manut
Nida: @!$%#^&**)$$*&^%$#@ hadeeeeeh...lagi lagi guwe yg suruh ngasih solusi.......oke deh, cabut yuk ke mushola fakultas hukum..


Kami pun sholat dhuhur di mushola fakultas hukum.. waktu menunjukkan pukul 12.30...masih ada waktu sampai selesai sholat jum'at pikirku....maksudku waktu untuk sholat dan leyeh-leyeh karena ternyata kepala saya masih pusing walaupun perut sudah diisi makan siang...(beneran..panasnya ga nguati...efek antre tadi looh)...saya pun berharap, semoga sesampainya di Auditorium UNS dan ketemu langsung sama Rory Asyari, pusing-pusing saya akan sirna haaaaahaaahhahahahaaa


#to be continued ya, capek....







Tidak ada komentar:

Posting Komentar